Senin, 15 Desember 2014

Bagaimana Laba-Laba Membuat Jaring ?

Sumber : http://apaitudanmengapa.blogspot.com
 
Banyak diantara kita sangat mengagumi cara laba-laba membuat sarangnya. Penghargaan ini sudah sepantasnya kita berikan kepadanya, sebab dalam banyak hal bila dibandingkan dengan binatang lainnya, laba-laba memiliki keistimewaan tersendiri. Dalam pembahasan kita kali ini akan kita beberkan kenyataan tentang hal-hal yang menarik tentang seekor laba-laba.
Laba-laba terdapat dimana saja tanpa memandang iklim diwilayahnya. Laba-laba bisa hidup di atas air, di tanah, atau bahkan di dalam tanah sekalipun tergantung dari jenis laba-laba itu. Ukuran tubuh laba-laba berbeda-beda tiap jenisnya, berkisar dari tiga inchi sampai kepada jenis yang hampir tak terlihat alias sangat kecil. Ada laba-laba tertentu yang dapat hidup tanpa air sepanjang tahun. Salah satu jenis laba-laba, yaitu laba-laba raksasa yang disebut Tarantula, memakan burung dan dapat bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya. Tetapi kebanyakan jenis laba-laba yang lain hanya bisa hidup selama satu tahun saja. Ada lagi hal yang juga penting untuk dikemukakan disini ialah bahwa laba-laba bukanlah termasuk di dalam kelompok serangga. Laba-laba itu termasuk ke dalam kelompok binatang yang disebut Arakhnida yang berbeda sama sekali dari kelompok serangga. Sebab laba-laba mempunyai delapan kaki, umumnya laba-laba mempunyai delapan mata, laba-laba tidak bersayap dan tubuh laba-laba hanya terdiri dari dua bagian saja.

Benang sutra yang dihasilkan oleh laba-laba berguna untuk membangun sarangnya yang dihasilkan dari bahan buatan sendiri. Bahan itu dikeluarkan dari kelenjar-kelenjar tertentu dari dalam bagian perutnya. Zat cair bakal benang sutra itu dibiarkan tembus keluar melalui lubang-lubang kecil dari alat penjalin benang yang terletak pada ujung perutnya. Benang-benang itu mula-mula keluar dengan berbentuk cairan, yang kemudian menjadi keras setelah terpapar dengan udara.
Ada terdapat banyak jenis benang sutra yang dapat dihasilkan oleh laba-laba. yaitu benang sutra yang mengandung sifat perekat yang berguna untuk menangkap mangsanya, Ada juga jenis benang sutra yang bersifat licin dan tidak mengandung bahan perekat yang berfungsi sebagai ruji-ruji bangunan sarang laba-laba itu dan ada juga benang sutra yang dihasilkan laba-laba yang berfungsi untuk membuat kepompong untuk telur-telur laba-laba, sebagian diantaranya bersifat halus dan lembut dan sebagian lagi berupa serta yang kuat dan alot.
Laba-laba membuat berbagai macam jaringan untuk sarangnnya. Bentuk jaringan yang bundar sepeti roda khusus dibuat untuk menangkap mangsa. Mula-mula dipasang jaringan benang yang kuat dengan pola segitiga tak beraturan pada bagian sebelah luar yang berfungsi sebagai pondasi dari sarang laba-laba itu. Setelah itu dibuatlah ruji-ruji pada pola roda jaringan itu, disusul oleh susunan jaringan spiral sebanyak tiga atau empat tingkat. Pada jaringan yang bermata rapat itulah yang mengandung perekat untuk menangkap mangsa.
Jenis jaring laba-laba yang lain adalah jenis jaring lembaran, karena modelnya yang berbentuk lembaran bangunan yang berbentuk rata, ada juga yang berbentuk cerobong atau kubah. Dalam jaring lembaran semacam itu laba-laba berjalan dengan punggungnya terbalik sambil melekat pada jaring sarangnya. 
"Jaring laba-laba lebih tahan lama dan elastis dibanding serat buatan manusia terkuat, Kevlar, yang digunakan pada rompi antipeluru," kata ahli zoologi evolusioner dan ahli jaring laba-laba Fritz Vollrath di University of Aarhus, Denmark.
Menurut profesor emeritus teknik mesin John Lienhard di University of Houston, jaring laba-laba juga sangat lentur, bahkan bisa meregang 140% dari panjang asli tanpa putus. Untuk bahan perkasa seperti itu, jaring laba-laba sangat ringan.
Menurut buku terbitan 2007 “The Book of Animal Ignorance: Everything You Think You Know Is Wrong,” seuntai jaring yang melingkari Bumi kurang lebih hanya seberat sebatang sabun. Protein serat halus yang dipintal laba-laba punya banyak kegunaan. Ketika bayi laba-laba menetas dari telur, bayi ini melepaskan sendiri jaringnya dan sabar menunggu agar terbawa angin dan tersebar ke lokasi baru, proses ini dikenal sebagai ‘balon’. Ketika bayi laba-laba mendarat, ia akan membuat jaring guna menangkap serangga untuk makan. Menurut asisten profesor entomologi Linda Rayor di Cornell University, beberapa spesies laba-laba lebih memilih membuat jaring kecil di antara kaki dan menerkam serangga. Hal ini hanya butuh sedikit waktu dan energi dibanding membuat jaring besar yang rumit.
Beberapa laba-laba juga menggunakan jaring untuk membuat sarang pelindung atau kepompong, dan adapula yang memanfaatkannya agar bisa menempuh jarak beberapa meter memanfaatkan angin. Ada pula laba-laba yang mendaur jaringnya setelah tak dipakai. Ilmuwan telah lama mencoba memahami mekanisme cara laba-laba membuat jaring, dan sejauh ini upaya menciptakan sutra di laboratorium sering gagal. Apa yang membuat jaring sulit diciptakan secara artifisial adalah, molekul protein kompleks dan sekuens DNA berulang. Namun, ilmuwan paham bagaimana jaring mengeras dalam laba-laba. Vollrath menemukan, laba-laba melalukannya dengan mengasamkannya, metode serupa proses pembuatan serat industri seperti nilon.Setelah memeriksa saluran dalam laba-laba, Vollrath menyatakan, sebelum masuk saluran, jaring terdiri dari protein cair. Menurut artikel Vollrath di Nature, saat cairan masuk saluran, sel-sel menarik air dari protein jaring dan hidrogen dipompa ke bagian lain saluran dan menghasilkan bak asam. Alhasil, jaring yang belum dipintal berubah dari gel menjadi serat solid melalui kelenjar asam laba-laba spinneret. Laba-laba memiliki 2-8 spineret, tergantung spesiesnya. Spineret ini mengeluarkan berbagai jenis jaring, dari yang lengket hingga tidak, tergantung waktu yang dibutuhkan laba-laba.
Berikut ini cara laba-laba membuat jaring :
a.       Pondasi Horisontal
Hal pertama dan tersulit adalah membentangkan benang pondasi secara horisontal layaknya sebuah jembatan gantung tanpa tiang penyangga. Untuk melakukannya, apakah ia terbang atau melompat? Ataukah melemparkan tali laso seperti koboi? Ataukah ia berjalan menyusuri ke bawah? Tidak, melainkan mirip menerbangkan layang-layang, ia menyemprotkan benang dengan panjang yang mencukupi lalu mengandalkan angin untuk menambatkan ujungnya yang lengket ke titik seberang.
Pada proses ini bisa dikatakan laba-laba menggunakan keahlian navigasi pilot yang memperhitungkan tiga elemen dasar yaitu jarak tempuh, kecepatan angin dan altitude ketinggian.
b.      Titik Pusat Radius
Setelah terbentang benang pondasi horisontal, ia kemudian membangun titik pusat radius dengan cara mencari titik ayun terendah dari benang pondasi. Dari titik tersebut ia lalu menariknya secara vertikal dengan mengaitkan sebuah benang dan turun vertikal hingga ke dasar bawah membentuk huruf “Y”.
Bisa dikatakan pada proses ini laba-laba menggunakan kalkulasi trigonometri.
c.       Perimeter Bangunan
Setelah titik pusat dibuat, laba-laba kemudian membangun perimeter pondasi terluar, tergantung kondisi lingkungannya, bisa berbentuk segi empat, pentagonal, heksagonal, atau oktagonal, dll.
Pada proses ini bisa dikatakan laba-laba punya keahlian yang sama dengan pasukan komando dalam mengamankan perimeter di sekitarnya.
d.      Jari-Jari Simetris
Setelah perimeter pondasi terbentuk, barulah ia membangun pondasi ruang dalam dengan merangkai jari-jari yang simetris yaitu dengan merajutkan benang-benang dari titik pusat ke perimeter pondasi atau sebaliknya hingga membentuk jari-jari seperti yang kita lihat dalam jari-jari sepeda.
Jaring-jaring simetris berguna untuk mengisolasi kerusakan pada sektor tertentu dalam jaring atau dengan kata lain bila salah satu benang putus tidak mempengaruhi stabilitas seluruh jaring.
e.       Jaring Spiral
Setelah jari-jari pondasi dalam terbangun, laba-laba mulai membangun jaring spiral yang dimulai dari titik pusat radius menuju perimeter pondasi. Pada umumnya pola geraknya mirip seperti sebuah galaksi atau putaran rotasi planet-planet di tata surya, bahkan bisa juga dikatakan mirip dengan putaran Thawaf di Mekah.
Jaring spiral selain sebagai jaring perangkap, berfungsi pula sebagai perangkap air untuk laba-laba.
f.       Stabilimentum
Bila jaring-jaring perangkap yang dibuatnya berada di jalur yang minim mangsa, maka laba-laba akan membuat Stabilimentum yaitu jaring ornamen tambahan yang berfungsi untuk memikat mangsa. Bentuk ornamen Stabilimentum bervariasi tergantung mangsa di sekitarnya dapat berpola seperti bunga ataupun serangga kecil yang dapat memikat mangsa untuk datang kepadanya.

DAFTAR PUSTAKA
Alghifari, Fahmi. 2012. Bagaimana Sarang Laba-Laba Dibuat? [Edisi Online] http://apaitudanmengapa.blogspot.com diakses 15 Desember 2014 pukul 04.12 PM
Anonim. 2013. Cara Laba-Laba Membangun Jaringnya. [Edisi Online] http://infospotlite.blogspot.com diakses 15 Desember 2014 pukul 04.23 PM
Banggawan, Billy. 2011. Bagaimana Laba-Laba bisa Keluarkan Jaringnya? [Edisi Onlien] http://teknologi.inilah.com diakses 15 Desember 2014 pukul 04.44 PM
Law, Daniel. 2012. Proses Pembuatan Jaring Laba-Laba. [Edisi Online] http://daniel-law-blog.blogspot.com diakses 15 Desember 2014 pukul 04.32 PM
 

12 komentar:

  1. terimakasih, sangat membantu sekali isi dari artikel yang di posting. makasih :D

    BalasHapus
  2. Artikelnya sangat menarik, good job :)

    BalasHapus
  3. nfonya menarik sekali ,, terima kasih karena telah menambah wawasan kepada saya :)

    BalasHapus
  4. Wah artikelnya bagus, memberikan informasi lebih. terima kasih kakak :D

    BalasHapus
  5. Laba-laba, ternyata seperti itu ya prose pembuatan jaringnya. hemmm, saya suka artikel ini. menarik

    BalasHapus
  6. Atikelnya menarik teman.... ternyata jaring laba-laba itu lebih kuat dari yang dibayangkan ya....
    Terimkasih infonya:)

    BalasHapus
  7. Hi Selamat Siang mas masku
    teman kamu pada menang puluhan juta
    ayo giliran kamu! menangkan sekarang juga
    Pilih Agen Poker & DominoQQ Yang Terpercaya?
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    poker online

    BalasHapus
  8. Produk kami mencakup terpal plastik siap pakai, terpaulin, cover truk, cover kapal, cover mesin, tenda cafe, tenda kerucut / tenda sarnavil, tenda peleton / tenda penampungan, tenda lipat, jaring anggrek, polynet, waring, tambang PE / PP, plastik cor, kantung jenazah,tambang,terpal rollan dsb-nya.
    Jual berbagai jenis jaring, tali tambang, terpal, jaring safety, jala-jala nylon, jaring futsal, jaring golf, jaring proyek, pembuatan jaring keramba, jaring cargo,perlengkapan alat safety, dll.

    Untuk informasi
    Bisa email ke tommyindoterpal@gmail.com
    Mobile:0813-8061-3685

    BalasHapus
  9. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7916589-tanaman-yang-sehat-dan-disukai-ayam-jago-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita


    BalasHapus
  10. The Hollywood Casino at Charles Town Races Begins - JTM Hub
    LAS 동해 출장안마 VEGAS 정읍 출장마사지 (FOX5) -- The Hollywood Casino 구리 출장안마 at Charles Town Races is gearing up for the 김포 출장안마 grand opening of The Hollywood 제천 출장샵 Casino at Charles Town

    BalasHapus